Background

Gayam Pohong Yang Kaya Manfaat Dan Khasiat

Pohon Gayam (Inocarpus fagiferus)
 
Pohon Gayam termasuk jenis tanaman keras, banyak dijumpai dipekarangan yang berfungsi sebagai pohon peneduh dan penahan erosi.
Dilihat dari segi ekonomisnya pohon gayam memang kurang menguntungkan dibanding seperti pohon durian, mangga, lengkeng dan lainnya.
Tetapi pohon yang satu ini juga mempunyai kelebihan antara lain:
1.Pohonnya mampu menyerap polutan udara seperti debu yang lebih banyak karena tekstur daunnya tebal, lebar serta rimbun.
2.Akarnya sangat kokoh sangat baik untuk penyimpan cadangan air bersih dan sudah pasti bermanfaat mencegah tanah longsor.
3.Batang pohonnya keras dan kuat,  banyak digunakan untuk  bahan baku mebelair, sisanya untuk kayu bakar, arang, dll 
 
pohon gayam
 
Buah Gayam
Tekstur buah gayam relatif keras, tidak mempunyai bakal buah seperti buah umumnya, biji buah gayam dilapisi oleh kulit luar yang keras. 
 
tekstur kulit gayam
Hal tersebut yang menjadi penyebab mengapa masyarakat kurang berminat untuk mengolah dan memanfaatkan buah gayam.
Buah gayam dapat dinikmati dengan cara direbus dahulu biasanya dicampur dengan garam sedikit maka menjadikan rasa gayam gurih.
Di beberapa tempat buah gayam diolah menjadi keripik gayam, rasanya sangat khas.. penasaran ?? silahkan coba ….
Harga keripik gayam saat ini semakin melambung tinggi karena populasi tanamannya semakin terbatas dan masyarakat yang memproduksi makanan ringan ini juga jumlahnya masih belum banyak.
 
kripik gayam
Kesehatan
Pohon yang tergolong langka ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.
Selain buah daun gayam juga dapat dijadikan obat tradisional, antara lain : diare serta obat mencret.
Cara membuatnya
-Siapkan 25 gram daun gayam yang masih segar,
-Cuci dulu sampai bersih, potong kecil-kecil, kemudian rebuslan ke dalam 2 gelas air sampai mendidih kira-kira 15 menit.
-Hasil saringan dapat diminum dua kali sehari pada pagi dan sore.
Kandungan zat kimia
Gayam memiliki kandungan zat kimia saponin yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dalam usus besar dan saluran pencernaan.
Selain itu gayam juga memiliki kandungan Flavonoida (zat antioksidan) kandungan ini berfungsi untuk kekebalan tubuh sehingga tubuh terjaga dari berbagai penyakit.
Tanin merupakan unsur senyawa yang terdapat pada gayam, berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses.
sumber : dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi

Categories: Share

Leave a Reply